Limbah Garam

Ternyata tidak banyak yang tahu, limbah garam yang selama ini dibuang pengusaha dan petani garam di Madura atau di tempat lain, memiliki manfaat besar. Nelson Sembiring, salah satu peneliti SDA di Balitbang Prov Jatim, selama 4 tahun berhasil menemukan manfaatnya. Hebatnya, limbah ini mampu mengobati berbagai penyakit layaknya obat sapujagat.

”Nigarin atau Sari Air Laut (SAL) sangat baik terapi kesehatan, kecantikan, dan pengobatan penyakit degeneratif,” kata Nelson Sembiring, kemarin.

Pria lulusan S2 dan S3 di Fakultas SDA dan Mineralogi Kioyo University Tokyo Jepang ini mengemukaan, dalam Nagirin banyak mengandung magnesium yang sangat di butuhkan sistem pusat syaraf dan pembuluh darah. Karena itu, semua penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah dan syaraf dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi magnesium dalam jumlah cukup.

Kekurangan Magnesium, terang Pria yang menyelesaikan SI-nya di Teknik Pertambangan ITB 1988 ini, akan mengakibatkan serangan penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, diabetes melitus, detak jantung tidak normal, aterosklerosis, engina pektors, hipertensi, asma bronkial, epilepsi atau ayan, autisme, hiperaktivitas, batu ginjal, rasa sakit ketika haid, kecanduan alkohol, kelelahan, osteoporosis, ansietas (rasa cemas yang berlebihan), insomnia (tidak bisa tidur), keram otot, dan depresi.

“Sebagian besar kandungan material yang menumpuk didinding pembuluh darah arteri adalah kalsium,” terang pria asal Medan ini.

Para ahli gizi WHO menganjurkan konsumsi kalsisum (Ca) atau magnesium (Mg) adalah 2:1. Bila kebutuhan Ca adalah 1000 – 1200 mg per hari, maka kebutuhan magnesium adalah 450 mg perhari.

“Kurang dari itu, akan terjadi penyumbatan arteri koroner, yang akan mengakibatkan otot jantung kekurangan pasokan makanan dan oksigen. Sayangnya, di masyarakat awam, pentingnya magnesium untuk kesehatan belum sepopuler kalsium,” jelas pria yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Tetap Sumberdaya Mineral KADIN Jatim ini.

Promosi yang sangat gencar akan produk-produk dengan kalsium tinggi, mulai dari suplemen dalam bentuk tablet effervecent, biskuit, minuman kesehatan, hingga susu dan produk-produk olahannya. Sedang di negara lain, misalnya Jepang penggunaan Magnesium telah gencar digalakkan.

Bahkan untuk konsumsi Magnesium ini, lanjut Nelson, Jepang telah mengimpor Nigarin dari Indonesia sebesar 5000 liter per bulan. Sedang di Indonesia, baru mengkonsumsi 1000 liter saja.

”Kemungkinan efek samping dari konsumsi Sari Air Laut (Nigarin) yang kaya magnesium pada dosis tinggi adalah diare, tetani (kontraksi otot), dan tekanan darah rendah,” jelasnya. (ska)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: